kabarindonesia.net, Bogor — BANYAK cara dapat dilakukan untuk mengajarkan wujud demokrasi dalam kehidupan sehari-hari, satu diantaranya melalui pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) seperti yang dilakukan oleh siswa-siswi di SMK Citra Pariwisata, Rabu (23/10/2019).

Pemilihan ketua OSIS, merupakan program kerja tahunan OSIS SMK Citra Pariwisata dalam menutup masa kepengurusan. Dan siswa tidak bosen menunggu antrian diusung tema sunda. Panitia siswa memakai pakaian adat sunda.

Dalam pemilihan kali ini terdapat 3 calon ketua OSIS SMK Citra Pariwisata dari kelas X ,Fitria Rahmadani dan ST. Salma Febrianti,dan kelas XI yaitu M. Farhandika.K.

Deni Irawan selaku Pembina OSIS kegiatan menyatakan, bahwa acara ini menggunakan sistem baru seperti halnya pemilihan kepala daerah di Indonesia.

“Sistemnya lebih demokratis, siswa-siswi memilih secara langsung dan juga sampai diakhiri dengan mencelupkan keliling ke tinta, seperti pemilihan kepala daerah di Indonesia pada umumnya,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, bahwa para calon ketua ini telah melalui masa seleksi sebelumnya.

“Mereka sudah melalui seleksi sebelumnya, dilihat dari bagaimana cara bersikap, bersosialisasi, publik speaking, dan banyak hal lainnya melalui visi dan misi,” tambahnya.

Sementara Hendra menyatakan harapannya dengan adanya kegiatan pemilihan ini.

“Semoga tahun-tahun selanjutnya sistem nya dapat terus diperbaiki, lebih tertata dan demokratis, dan untuk siapapun nanti yang terpilih (menjadi ketua OSIS) semoga dapat mengemban amanah dengan baik, yang ada disini yang baik terus ditingkatkan yang buruk ditinggalkan,” pungkasnya. (Nia)