Kab. Bogor, kabarindonesia.net — PERCEPATAN untuk menekan dimana wilayah kemiskinan melalui musyawarah desa (Musdes), yaitu kampung ramah lingkungan pada tingkat kabupaten. Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Pagelaran, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor Yusuf Maulana, Rabu (02/09/2020).

Menurut Kepala Desa Pagelaran Yusuf Maulana, mengatakan karena kampung ramah lingkungan sudah dianggarkan melalui dana desa (DD) tersebut. Dijelaskannya, hal ini penduduk yang menjadi nasabah bank sampah saat ini mencapai 15% dari waktu ke waktu, akan bertambah dengan penilaian sebelumnya.

“Ya mudah-mudahan keluarga akan mengetahui bahwa ini betul-betul pemerintah dalam hal pekerjaaan dengan harapan mereka mau pesan kedepannya. Jangan cuma kalau mau lomba saja karena setiap tahapan diadakan latihan,” tutur Yusuf pada kabarindonesia.net di ruang kerjanya.

Lanjutnya, karena merupakan salah satu contoh untuk mengikuti tentang sampah yang ada di lingkungan RW.14 dan RW.13.

“Mau diapakan barang-barang bekas yang ada nilai jualnya, kita ada alasannya karena itu paling gampang dikerjakan masyarakat. Alhamdulillah ada kebersamaan dan mudah-mudahan lagi penilaian ini juga selalu berdoa. Dan berharap dapat nilai terbaik. Kami mengapreasiasi atas kegiatan yang mencerminkan pengalaman hidup untuk proses, bagaimana perubahan yang cukup luar biasa, yaitu mulai dari pengadaan computer. Kami berikan apresiasi pada masyarakat dan kedepan ada program-program dengan kegiatan-kegiatan untuk dijadikan serta mencerminkan masyarakat yang sudah berubah,” pungkasnya. (Andy)