kabarindonesia.net, Depok — PETUGAS Pemutahiran Data Pemilih ( PPDP) adalah Petugas Rukun Tetangga Membantu Petugas PPS/Chek List Data calon Pemilih Pilkada. Walikota dan Wakil Wali Kota Depok tahun 2020, lakukan secara serentak di Kota Depok diadakan Chek list, Sabtu (18/07/2020).

Setelah mendapatkan pengarahan dari KPU Kota Depok, petugas coklit dibekali data Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4). Data ini berasal dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Berupa data penduduk terdata. Oleh KPU data ini disaring berdasarkan kriteria pemilih. Proses seleksi data inilah bakal dicoklit petugas PPDP untuk melahirkan jumlah pemilih tetap pemilu setelah melewati serangkaian proses.

Dari rumah ke rumah, akan mencocokkan dan meneliti untuk membandingkan data DP4 dengan temuannya di lapangan. Tjun akan meminta warga menunjukkan kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP). Dari situ dia akan mencocokkan dengan form dimiliki. Ada dua kategori data dari DP4 setelah melakukan pencocokan. Data memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat.

Data memenuhi syarat yakni memenuhi syarat sebagai pemilih, pemilih tinggal dan akan memilih di tempat tersebut dan pernyataan keluarga jika yang bersangkutan tinggal bila tidak bertemu saat proses pencoklitan. Sementara data tidak memenuhi syarat yakni, pemilih meninggal, ber-KTP ganda, di bawah umur 17 tahun saat pemilihan, pindah tempat tinggal dan tidak dikenal.

Jumlah panwas tiap kelurahan saat masa persiapan terbatas. Maka fungsi pengawasan biasanya dilakukan secara koordinatif. Ada panwas yang ikut serta dalam proses pencoklitan. Ada pula panwas dan petugas coklit yang melakukan tugasnya sendiri-sendiri.

Usai melakukan pendataan, akan membuat rekapan perubahan atas DP4 yang diterima. Mulai dari jumlah pemilih yang sudah dicoklit. Adanya penambahan atau pengurangan jumlah pemilih dalam tiap KK. Jumlahnya dipastikan tidak sama dengan data DP4. Sebab ada faktor pergerakan penduduk data dan pergi atau penduduk yang meninggal dunia dan Data itu selanjutnya diserahkan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) kelurahan,

“Petugas TPS 16 Kelurahan Abadi Jaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Lastri Chek List di kediaman Supomo, Camat Cilodong karena berdomisili di wilayahnya. Menurut Panmas keterangannya Tugas kami mulai hari ini, yang diawali dari Bpk. Supomo melakukan Chek list data dan penempelan sticker, yang didampingi Lurah Abadi Jaya, Widiyanto.  Adapun proses pendataan coklit kami lakukan tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19. Seluruh PPDP yang bertugas dipastikan telah non-reaktif Covid-19 karena telah di-rapid test serta akan menggunakan protokol kesehatan,” ujarnya. (panwas)

Menurut keterangan, Supomo Camat Cilodong, dengan adanya chek list PPDP ini kami sangat mendukung adanya giat ini dan kami sebagai warga Kelurahan Abadi Jaya Kecamatan Sukmajaya sangat berterima kasih telah mendata Semua Keluarga kami hal hasil sekeluarga dapat memilih Pilkada 9 Desember 2020 di Kota Depok. (Abie)