kabarindonesia.net, Bogor — BAGI SMK Permata 1 Kota Bogor mengimplementasikan dengan membaca tadarus dimulai Pukul 6:30 WIB- Pukul 7:00 WIB dan dilanjutkan melaksanakan sholat Dhuha berjamaah, sebelum memasuki pelajaran supaya dapat membentuk akhlak mulia di setiap siswa.

“Sejak resmi menjadi keluarga besar SMK Permata 1 Kota Bogor, maka peserta didik diwajibkan mampu membaca dan menulis Al-Qur’an, khususnya untuk warga muslim, terutama siswa yang masih terbata bata, sehingga ditargetkan mampu dan lancar membaca ayat suci Al-Quran,” ungkap Waka Humas Ida Farida.

“Maka kami kembali teringat akan materi kurtilas, untuk meningkatkan dan berupaya agar siswa selalu tumbuh terbiasa membaca sebagai mana yang tercantum dalam pembelajaran literasi sekolah,” ucap ida.

Ida berharap dengan adanya program keagamaan ini mampu mencetak siswa yang berkarakter, jadi tidak hanya prestasi mata pelajaran umum saja melainkan siswa mampu baca Qur’an secara baik dan benar.

Tujuannya, juga sama dengan sekolah lain, yakni menyiapkan siswa yang berkualitas serta siap dan mampu bekerja sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. “Secara umum seperti halnya SMK lainnya.

Tercatat, sekolah ini memiliki 800 siswa yang terbagi dalam 3 kompetensi keahlian yaitu Multimedia, Teknik komputer dan jaringan,Teknik kendaraan ringan.

Visi sekolah ini mewujudkan SMK Permata 1 menjadi sekolah yang unggul dalam prestasi akademik dan berwawasan lingkungan.  Terkait prestasi, bisa dipastikan semua kompetensi keahlian mendapat prestasi tiap tahunnya.

Setelah itu siswa Guna menghadapi revolusi industri 4.0 yang saat ini telah berlangsung, ada beberapa kompentensi dasar yang sudah harus dipersiapkan generasi muda Indonesia. “Selain berupa hard skills yang sudah banyak diajarkan di sekolah, mereka juga memerlukan soft skills yang akan membantu proses interaksi sosial di semua keahlian,” ujarnya.

Tujuan utama adalah untuk menciptakan generasi muda dengan kualitas daya saing tinggi yang adaptif terhadap perubahan yang sesuai dengan tuntutan era revolusi industri 4.0.

Sementara itu, Ekstrakurikuler SMK Permata 1 tetap bersemangat dan terus berprestasi, selain prestasi pada pelajaran di sekolah. Bukan jarang terjadi, banyak terjadi ektrakurikuler akan membuat dan bisa melambungkan nama hingga tingkat Wilayah maupun Nasional dan bahkan terkadang menjadi profesi yang jauh dari mata pelajaran yang didapatkannya setiap hari.

Ada beberapa ekstrakurikuler di SMK Permata 1 Bogor yang bisa diikuti oleh siswa. Dan di SMK Permata 1 telah berhasil meraih beberapa prestasi. Adapun untuk prestasi siswa SMK Permata 1, selain di peroleh dari hasil belajar teori dan praktek di sekolah, sebagian merupakan dari ekstrakurikuler, yaitu ekstrakurikuler Pramuka, Paskibra, teater, yang telah berhasil meraih prestasi. (Nia)