Peningkatan Laba 45%, Astragraphia Tetapkan Pembagian Dividen 45% dalam RUPST 2024

Astragraphia bukukan laba bersih Rp141 miliar yang tumbuh 45% dibandingkan tahun 2022,  RUPST juga menyetujui pembagian dividen sebesar 45% dari total laba bersih tahun 2023 dan mengangkat kembali Dewan Komisaris dan Direksi Astragraphia

 

Jakarta, 23 April 2024 — Hari ini, PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Catur Dharma Hall, Menara Astra, Jakarta secara hybrid, yang dilanjutkan dengan Paparan Publik kepada investor, kreditur, dan media.

Hasil putusan RUPST menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total laba bersih tahun buku 2023.
Masing-masing pemegang saham Astragraphia akan mendapatkan total dividen sebesar Rp47,-(empat puluh tujuh rupiah) per lembar saham, di mana dividen interim sebesar Rp13,-(tiga belas rupiah) per lembar saham sudah dibayarkan pada tanggal 24 Oktober 2023, dan sisanya sebesar Rp34,(tiga puluh empat rupiah) per lembar saham akan dibayarkan selambat-lambatnya pada tanggal 22 Mei 2024.

Hendrix Pramana — Presiden Direktur PT Astra Graphia Tbk mengatakan, “Sepanjang tahun 2023, Astragraphia berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp141 miliar atau tumbuh sebesar 45% dibandingkan tahun 2022, dengan pendapatan bersih sebesar Rp2.969 miliar. Pendapatan pada unit usaha Solusi Dokumen meningkat sebesar 7% akibat dari adanya peningkatan volume penjualan mesin pada sektor graphic art dan sektor perkantoran. Lalu, pendapatan pada unit usaha Solusi Teknologi Informasi meningkat 16% sebagai hasil dari realisasi peluang bisnis di area IT Trading dan IT Services. Melalui unit usaha Solusi Dokumen, Astragraphia secara konsisten mampu mempertahankan posisi pemimpin pasar untuk segmen multifungsi berwarna A3 dan printer produksi di Indonesia. Astragraphia terus melakukan inovasi dan digitalisasi di dalam setiap lini bisnis untuk membangun bisnis yang kuat dan berkelanjutan.”

Selain menetapkan pembagian dividen, RUPST mengangkat kembali anggota Dewan Komisaris dan Direksi Astragraphia, sehingga berdasarkan keputusan RUPST tersebut, susunan anggota Dewan Komisaris dan Direksi Astragraphia adalah sebagai berikut :

Presiden Komisaris : Santosa Komisaris : Gunawan Geniusahardja Komisaris Independen : Arya N. Soemali Komisaris Independen : Sidharta Utama

Presiden Direktur : Hendrix Pramana
Direktur : King Iriawan Sutanto
Direktur : Widi Triwibowo
Direktur : Trivena Nalsalita

Hendrix Pramana menambahkan, “Astragraphia berkomitmen untuk memberikan solusi-
solusi yang inovatif serta menjadi perusahaan yang lebih tangguh dan berkelanjutan dalam
layanan printing solution, technology, dan digital transformation. Kami juga optimis akan kelangsungan usaha dengan mempertahankan bisnis inti melalui penguatan portofolio solusi dokumen dan IT Services serta mengembangkan inisiatif-inisiatif baru untuk mendorong pertumbuhan bisnis. Astragraphia juga terus berupaya menjalankan operational excellence
dalam setiap proses di seluruh lini bisnis serta secara konsisten menjalankan kontribusi sosial
di pilar kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan.”

Berita Terkait