Ma’ruf Amin: Investasi Harus Menguntungkan Secara Ekonomi hingga Lingkungan

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan investasi harus menguntungkan dari sisi ekonomi, sosial, kebudayaan, dan lingkungan. Manfaat investasi, kata dia, juga harus dirasakan masyarakat.

“Di antaranya, melalui pelibatan tenaga kerja lokal dan UMKM (usaha mikro, kecil, menengah), melakukan transfer pengetahuan dan teknologi, serta harmonis dengan lingkungan dan bumi,” tutur Ma’ruf dalam acara Anugerah Layanan Investasi 2023 di Jakarta, Rabu, 8 November 2023. 

Bahlil juga mengatakan sektor potensial di masing-masing daerah harus terus digali. Sehingga, dapat membawa efek berganda bagi perekonomian daerah. Termasuk mewujudkan pemerataan ekonomi di seluruh tanah air. 

Selebihnya, Bahlil berpesan agar peluang dan potensi besar investasi pada sektor halal dimanfaatkan dan ditindaklanjuti. Apalagi sejumlah investor Cina sudah menyatakan minat yang besar untuk menanamkan modal di sektor industri ini. Ia pun mengatakan pengembangan kawasan industri halal perlu didorong menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK) untuk melebarkan peluang investasinya.

Lebih lanjut, Ma’ruf menuturkan, peningkatan realisasi investasi saat ini menjadi salah satu tema utama regormasi birokrasi. “Oleh karena itu kementerian/lembaga harus makin fokus melakukan perbaikan iklim investasi yang dibarengi perbaikan tata kelola dan reformasi birokrasi,” ujar dia. 

sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1794154/maruf-amin-investasi-harus-menguntungkan-secara-ekonomi-hingga-lingkungan

Berita Terkait